Archive for tips

Membuat Paspor (bag.2)

Sesuai tanggal yang ditentukan, yaitu hari ini 12 Sept 09, Bun dateng lagi ke Kantor Imigrasi.

Sampe sana langsung nyerahin Tanda Terima Permohonan ke loket penerimaan berkas yang kemarin. Sama petugas disuruh tunggu dipanggil untuk bayar.

Ga lama, sambil denger mp3 juga sih, nama Bun dipanggil. Bayarnya 275rb. Abis itu nunggu lagi buat foto. Ga terlalu lama, trus foto, cap semua jari tangan kanan dan kiri.
Dapet tanda bukti pembayaran yang digunakan untuk pengambilan paspor nantinya.

Setelah itu nunggu lagi untuk wawancara. Ini yang agak lama, soalnya orang yang gilirannya sebelum Bun lamaaa banget di wawancaranya.
Padahal Bun sendiri paling lama cuma 10 menit. Ditanya mau kemana, Bun jawab aja mau ke Bangkok (teringat itu yang paling masuk akal. Kalo ditanya-tanya lagi kan tinggal bilang “kan murah Bu, pake Air Asia”) 😀
Abis itu disuruh cek datanya udah bener apa belum, n tanda tangan 3x. Surat keterangan dari kampusnya diminta. Trus disuruh tanya ke loket 9 kapan paspornya bisa diambil. Udah.

Kata petugasnya bisa diambil hari senin. Ya mungkin karena besok hari Jumat, jadinya mepet. Padahal ada temen yang besoknya udah bisa diambil.

Ada juga temen yang mengalami kesulitan saat wawancara. Mungkin Bun mudah banget karena udah pengalaman. Katanya sih kalo emang pernah ke luar negeri sebelumnya, proses pembuatan paspor baru ga akan sulit.

Sekarang biayanya:
Formulir 7000
Paspor 270000
Cover Paspor 5000

Total Jendral 282.000
——————————————————————————————————————————————-
**UPDATE 17 Nov 2009**
Kemaren Bun ngambil paspor. Uuuurg, sumpah, muka bapaknya ga enak bgt, cemberut ajah,,, *sudah curiga aja bawaannya*. Pertama ngasih slip bukti pembayaran, trus disuruh tunggu karna Si Bapak mau ambil berkasnya. Paspor dikasih, disuruh fotokopi satu lembar di bawah, sama ditanyain “paspor lama mau dibawa juga ga, ganti biaya materai 7rb ya?, saat itu masih kepikiran ga usah ambil aja, buat apa coba.

Trus ke bawah, fotocopi (mahal boooo, rangkap dua aja bayarnya 1000). Kepikiran, ah, paspor lama ambil aja deh, biar keren gitu, kan ada cap2 visanya. Pas diatas, Bun bilang sama Si Bapak,
“Pak, paspor lama saya bawa aja deh”
wew. langsung sumringah muka si Bapak.
Bun pun memberikan uang 10rb.
“Wah, ga ada kembalian Mbak”
Dalam hati sebenernya ga mau suudzon, tapi mau gimana lagi. Mana ga ada uang pas, akhirnya relain aja dah tuh 10rb.

Ada beberapa catatan disini:

  1. Masih sedikit kepikiran, sebenernya biaya ganti materai yang 7rb itu emang bener2 ada ga sih?
  2. Si Bapak bilang, paspor lama itu nanti akan berguna untuk pengurusan visa, jadi emang lebih baik kita yang pegang.
  3. Jangan lupa tanyakan COVER! Kita udah bayar biaya cover yang 5rb itu kok. Kemaren si Bapak kudu ditanyain dulu mana covernya, baru deh dikasih.

Comments (3) »

Membuat Paspor (bag.1)

Uhuuuyyy, sepertinya tahun 2009 ini tahunnya mengurus surat-menyurat buat Bun… Sekarang tiba gilirannya membuat paspor.

Syaratnya gampang, siapkan berkas berikut ASLI dan FOTOKOPI (1 lembar)

  1. KTP
  2. KK (Kartu Keluarga)
  3. Akte Lahir
  4. Ijasah
  5. Surat Nikah (bila ada)
  6. Kalau di KTP tertulis Karyawan, minta surat sponsor, kalau sudah di PHK minta surat pernyataan tidak bekerja. Kalo masih mahasiswa kayak Bun, minta surat pengantar dari kampus masing-masing
  7. Paspor lama di bawa untuk ditukar dengan yang baru

Khusus poin 6, Bunda minta di TU kampus, dengan menyertakan surat permohonan untuk pembuatan surat keterangan untuk keperluan pembuatan paspor dan dilampiri KTM

No 7 adalah poin penting,, Bun sempat kehilangan paspor lama, sampe harus bolak-balik rumah-Kantor Imigrasi. Untung akhirnya ketemu, kalo engga ya harus bikin Surat Keterangan Kehilangan di Kantor Polisi. Males bgt kan…

Lalu alurnya, begitu sampai kantor Imigrasi, beli formulir paspor 48 hal (kalo ga salah yang 24 hal itu untuk TKI),, harganya 7000 rupiah saja.

Isi formulir, dan sertakan dokumen diatas, asli dan fotokopinya. Serahkan ke loket penerimaan formulir.

Tunggu sebentar, nanti nama Anda akan dipanggil petugas. Kalo syarat-syaratnya sudah oke semua, petugas akan memberikan Tanda Terima Permohonan, disitu ada tanggal dan jam kapan Anda harus datang lagi ke Kantor Imigrasi. Kalo Bun disuruh datang 3 hari kemudian, dengan membawa surat keterangan dari kampus (soalnya dari awal belum tau kalo harus bawa surat tersebut, jadi boleh disusulkan).

Kata petugasnya sih, 3 hari lagi itu untuk bayar (270rb), foto dan wawancara.

Comments (9) »

Mari Menabung di Bank BPD

Mulai November ini, karyawan Kantor Pusat UGM diwajibkan menerima gaji melalui Bank BPD DIY. Berhubung Bunda kemaren statusnya menggantikan teman, jadi di SKnya yang tertulis bukan nama Bunda. Dengan demikian Bunda ga bisa membuat rekening di BPD secara kolektif dari kantor.

Solusinya adalah membuat rekening pribadi dulu, trus dengan surat kuasa baru penerimaan gaji dimasukkan ke rekening Bunda.

Jadilah hari ini Bun menuju kantor Bank BPD DIY yang terletak di deket samsat DIY (nama daerahnya apa sih??lupa,hehe). Kesan pertama,, hmmm, luas, adem, dan kursi tunggunya itu lho, sofa, empuuukkk bgt ^^

Ga lama nunggu, Bun langsung dilayani oleh CS-nya, dan jadi deeh, punya rekening di BPD.

Plusnya :

  1. Potongan tabungan Simpeda cuma 3000/bulan, udah sama butab (buku tabungan) dan ATM, bandingkan dengan Mandiri yang mencapai 8000-an
  2. InsyaAllah dana dibawah 2M masih dijamin LPS(Lembaga Penjamin Simpanan)
  3. ATM Bersama, dan sudah ada jaringan BPD Net Online, jadi bisa setor dari bank BPD lain
  4. Karyawatinya berbatik dan berkebaya,wew… Dan berbahasa Jawa di kantor (haloooo, emang ini kampungnya orang Jawa geto,haha) Enggak2, hanya saja, jadi berasa banget kalo lagi di Jogja
  5. Ada snack dan minuman (teh, kopi),, nah, ini yang asyik banget! enak2 lagi 😀

Minusnya :

Pas lagi ngelayanin Bun, CS-nya sambil ngobrol gitu ma temennya. Trus pas Bun lagi ngejelasin, mimik muka mbaknya langsung menampakkan raut “lo-ngomong-apa-gw-ga-ngerti”. Ga prof banget deh pokoknya. Beda banget sama CS-nya bank Mandiri, yah mungkin dia belum paham SOP-nya kali,wakaka…

Comments (5) »

Tips Mengelola Keuangan

Anda selalu dipusingkan masalah keuangan? Dalam hal ini Anda merasa tidak bisa mengatur pemasukan dan pengeluaran Anda dengan baik dan Anda ingin terbebas dari kondisi tersebut?

Saya bukan ahli keuangan, semua yang akan saya tulis disini berdasarkan apa yang pernah baca dan saya alami.

Langkah pertama,
Jika Anda sudah benar-benar yakin untuk keluar dari masalah keuangan Anda, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencatat. Yak, mencatat! Lebih tepatnya mendata kondisi keuangan Anda saat ini.

Lalu, apa saja yang perlu Anda catat?
Bagian 1, pengeluaran:
1. Hutang-hutang
2. Tagihan-tagihan yang harus segera dilunasi
Catat berapa jumlahnya, dan prioritaskan mana yang paling dulu harus dilunasi

Bagian 2, pemasukan:
1. Piutang, bila ada
2. Pemasukan pasti per bulan (gaji)
3. Pemasukan tidak pasti

Sekarang Anda sudah mengetahui kondisi keuangan Anda.

Langkah kedua,
Bayar semua hutang Anda dan jangan menunggak tagihan. Jika Anda tidak bisa melunasinya dengan cash, maka cicillah. Apabila memang diperlukan beberapa bulan untuk melunasinya, maka biarkan selama beberapa bulan itu hidup Anda ‘irit cenderung pelit’ untuk sementara. Contoh, Anda punya gaji 1jt/bulan. Sisakan 100rb untuk ditabung, 700rb untuk hidup sehari-hari, dan sisanya untuk melunasi hutang-hutang Anda. Jika memang terpaksa, porsi untuk membayar hutang diperbanyak dulu untuk sementara.

Langkah ketiga,
Seharusnya Anda merasa sangat senang jika masuk tahap ini. Kenapa? Karena sekarang beban hutang Anda sudah lepas. Yakinlah, mulai sekarang Anda akan bisa merencanakan keuangan Anda dengan lebih baik. Mulai tahap ini Anda bisa membagi gaji Anda per bulan. Saya kurang tahu ilmu ekonominya, tapi kalau saya pribadi yang pertama saya lakukan ketika menerima gaji adalah:
1. Menyisihkan untuk tagihan bulanan, listrik, telepon, dan iuran perumahan. Uang ini tidak bisa diganggu gugat, dan langsung dibayarkan.
2. Sisanya dibagi 3, porsi terbesar dari sisa, sekitar 70% untuk biaya hidup sebulan, 20% untuk ditabung, dan sisanya untuk “bersenang-senang”, bisa untuk menonton, membeli buku, ke salon. Tentu pengeluaran untuk “bersenang-senang” ini tidak melulu akan dipakai tiap bulan, maka jika tidak terpakai bisa untuk jatah “bersenang-senang” bulan berikutnya atau ditambahkan ke porsi tabungan.
Dengan kata lain, Anda punya 2 jenis tabungan (kalau saya, saya menyimpannya dalam 2 rekening)
1. Tabungan yang bisa diganggu gugat, isinya uang tagihan,uang sehari-hari,dan uang untuk bersenang-senang.
2. Tabungan yang tidak bisa diganggu gugat.

Untuk ke depan, jika kelak saya sudah berumah tangga atau setidaknya saat sudah mempunyai penghasilan yang lebih besar, idealnya saya memiliki 3 jenis simpanan:
1. Untuk hari-hari, sama dengan poin 1 bagian sebelumnya (tabungan yang bisa diganggu gugat)
2. Tabungan untuk hal-hal mendadak, hanya boleh diambil pada saat mendesak, misalnya ketika ada anggota keluarga yang masuk rumah sakit, dll.
3. Tabungan jangka panjang, yang tidak bisa diganggu gugat. Mungkin untuk membeli rumah, kendaraan, atau untuk dana kuliah anak kelak.

Perlu dicatat, hal-hal diatas baru bisa tercapai dengan beberapa kondisi :
1. Anda harus memiliki pemasukan yang PASTI per bulan.
2. Anda harus melatih diri untuk memilah mana yang benar-benar Anda butuhkan atau sekedar Anda inginkan
3. JANGAN PERNAH menunda untuk membayar tagihan dan hutang

Comments (12) »

Cara jitu meraih hatinya

Mau ngedeketin cewek? Gampang puooolll!!

  1. Buat dia sadar dulu kalo kamu exist di dunia ini. Seperti cowok, yang pertama diliat cewek juga tampang keren, prestasi, dan sikap. Tapi setelah lebih kenal, cewek lebih prefer cowok yang sikapnya keren, bukan tampang, kantong atau prestasinya yang keren (tips: jangan norak!!)
  2. Tunjukkan hal-hal positif dari kamu. Jangan menunjukkan kamu lemah, cengeng, bentar2 pinjem duit, minta bayarin makan, dll.
  3. Jadilah temannya, selalu ada pas dia butuh, dan tidak menunjukkan sikap keberatan walaupun sebenarnya kamu ga setuju
  4. Pengertian. Tidak mudah mengeluh, tidak melemahkan semangatnya, tidak berkomentar menyalahkan, namun bersikap bijak dan mampu membimbing
  5. Gentleman. Jemput kerumah/kos kalo mau pergi, nawarin diri ngebantu kalo dia lagi ada kesulitan, ato hal-hal kecil seperti berdiri di sebelah arah datang kendaraan ketika menyeberang jalan, ato bukain pintu mobil.

Udah, kalo udah itu semua dijamin tu cewek pasti luluh. Karna setegar apapun seorang wanita, pada dasarnya tetep suka dimanja dan diperhatikan. Romantis itu ga terlalu perlu, karna yang paling penting adalah perhatian. Satu hal lagi, jangan terlalu berharap sampe jadi annoying dan ceweknya lari, jangan juga terlalu mengulur-ulur perasaan kamu. Mending jadi temen baiknya aja, bersikap sedikit cuek, tapi tulus.
Ketika kamu diterima cewek, sebenernya cuma ada 2 pilihan dia melihat kamu seperti apa:

  1. Anak manis buat nemenin jalan-jalan ato dipamerin ke temen-temen
  2. Calon ayahnya anak-anak

Tinggal pilih aja ^_^

Comments (27) »