Membuat Paspor (bag.1)

Uhuuuyyy, sepertinya tahun 2009 ini tahunnya mengurus surat-menyurat buat Bun… Sekarang tiba gilirannya membuat paspor.

Syaratnya gampang, siapkan berkas berikut ASLI dan FOTOKOPI (1 lembar)

  1. KTP
  2. KK (Kartu Keluarga)
  3. Akte Lahir
  4. Ijasah
  5. Surat Nikah (bila ada)
  6. Kalau di KTP tertulis Karyawan, minta surat sponsor, kalau sudah di PHK minta surat pernyataan tidak bekerja. Kalo masih mahasiswa kayak Bun, minta surat pengantar dari kampus masing-masing
  7. Paspor lama di bawa untuk ditukar dengan yang baru

Khusus poin 6, Bunda minta di TU kampus, dengan menyertakan surat permohonan untuk pembuatan surat keterangan untuk keperluan pembuatan paspor dan dilampiri KTM

No 7 adalah poin penting,, Bun sempat kehilangan paspor lama, sampe harus bolak-balik rumah-Kantor Imigrasi. Untung akhirnya ketemu, kalo engga ya harus bikin Surat Keterangan Kehilangan di Kantor Polisi. Males bgt kan…

Lalu alurnya, begitu sampai kantor Imigrasi, beli formulir paspor 48 hal (kalo ga salah yang 24 hal itu untuk TKI),, harganya 7000 rupiah saja.

Isi formulir, dan sertakan dokumen diatas, asli dan fotokopinya. Serahkan ke loket penerimaan formulir.

Tunggu sebentar, nanti nama Anda akan dipanggil petugas. Kalo syarat-syaratnya sudah oke semua, petugas akan memberikan Tanda Terima Permohonan, disitu ada tanggal dan jam kapan Anda harus datang lagi ke Kantor Imigrasi. Kalo Bun disuruh datang 3 hari kemudian, dengan membawa surat keterangan dari kampus (soalnya dari awal belum tau kalo harus bawa surat tersebut, jadi boleh disusulkan).

Kata petugasnya sih, 3 hari lagi itu untuk bayar (270rb), foto dan wawancara.

9 Tanggapan so far »

  1. 1

    riza_kasela said,

    passport sama visa bedanya apa?
    Bisa dijelaskan?

  2. 4

    riza_kasela said,

    ngerti bu
    Thanx ya

  3. 5

    riza_kasela said,

    jgn lupa berkunjung ke http://rizaherbal.wordpress.com/

  4. 6

    dewijuga said,

    Bunda, salam kenal🙂 tx bt infonya.. Bunda tgl dmana ya? Saya jg lg mo ppanjang paspor, saya domisili di Jakarta. Biayanya sama ga ya di seluruh indo? Tx ya bunda..

    • 7

      .:bunda:. said,

      Salam kenal juga🙂 Saya di Jogja Wi,,, seharusnya sih sama ya, soalnya saya lihat di kantor Imigrasi Jogja ada tuh ditempel di dinding petunjuknya. Sekarang tinggal kantor Imigrasi disana, udah ‘bener’ belom kinerjanya😉

  5. 8

    nonadita said,

    Terima kasih infonya😀 Sungguh membantu!
    Btw, punya contoh surat pengantar dari perusahaan untuk pengajuan paspor nggak?


Comment RSS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: