Are you a smartworker??

Artikel ini saya temukan di majalah Chic edisi tanggal 28Feb-13Mar 2007.
Isinya bagus, setidaknya untuk saya🙂 Makanya saya mau share disini.

Hardworker
ciri-cirinya :
– menyelesaikan pekerjaan dengan waktu lebih dari 45 jam dalam seminggu
– mengerjakan tugas satu per satu
– mendahulukan tugas yang lebih mudah atau yang dianggap penting
– kurang memanfaatkan teknologi dalam bekerja
– tidak efisien dalam manajemen waktu

Smartworker
ciri-cirinya :
– membutuhkan waktu kurang dari 40 jam
– mengerjakan tugas secara multitasking
– dapat membedakan mana tugas yang urgent dan important
– sangat memanfaatkan teknologi
– sangat efisien dalam menggunakan waktu

Which one are you??

Lalu, strategi apa saja untuk menjadi seorang smartworker??

    Fokus! Kurangi hal-hal yang mengganggu perhatian.
    Contohnya jauhkan majalah, tutup plurk dan facebook🙂, pasang icon busy di status chat Anda.
    Hindari menunda pekerjaan, dan lakukan secara multitasking.
    Yak, mungkin terdengar aneh, tapi mengerjakan tugas secara bersama-sama justru akan membuat pekerjaan itu lebih cepat selesai.
    Gunakan teknologi secara bijak. Pakai mesin pencari untuk mempermudah pekerjaan. Gunakan Internet seperlunya untuk mempercepat selesainya tugas-tugas.

Tambahan:

    Buat target hari ini. Buat perencanaan/agenda apa-apa saja yang ingin Anda kerjakan hari ini.
    Kondisikan waktu Anda. Jika punya jam kerja 8 jam. Pastikan 1 jam untuk browsing(plurk/facebook), 1 jam istirahat, dan sisannya untuk bekerja. Selain slot waktu yang telah ditetapkan, hindari melakukan hal yang bukan dalam slot waktu tersebut.

Perlu diingat, semakin banyak waktu untuk mengerjakan satu tugas, itu berarti Anda semakin tidak efisien dalam manajemen waktu Anda. Cobalah mengurangi jam kerja dengan bekerja lebih efisien dan menyusun strategi yang matang.

Hmm… patut dicoba nih ^-^

8 Tanggapan so far »

  1. 1

    elooonk said,

    tapi jangan kayak robot akh..luangkan sedikit waktu paling tidak untuk bersiul..he..hee.

  2. 2

    crizosaiii said,

    makan..makan… lho?? apa hubungannya

    so, worksmart don’t workhard😀

  3. 3

    kurang 2 buat smartworkernya, win:
    – efektif dalam memanfaatkan sdm di sekitar
    – tidak pernah mengerjakan tugas yang sebenarnya bisa didelegasikan
    :mrgreen:

  4. 5

    Amel said,

    Entah aku masuk yg mn yaaaa:mrgreen:

  5. 6

    techno_kid said,

    Wah wah mesti koreksi diri lagi nih..

    Infonya sangat membantu..😀

  6. 7

    fahmi said,

    Setuju win, tapi soal multitasking, dari artikel di sini , dan di situ, katanya cukup berbahaya buat otak😀


Comment RSS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: